Kegiatan

Talkshow Bisnis Pesantren: Dukungan Perbankan Syariah dengan Literasi Keuangan dan Pembukaan Rekening Gratis untuk Santri

FEBI News| Sukoharjo, Sabtu (21 Oktober 2023) – Dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2023, Talkshow Bisnis Pesantren digelar secara meriah di Graha UIN Raden Mas Said, Surakarta. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pentingnya literasi keuangan syariah di kalangan santri muda serta memfasilitasi kerja sama antara pesantren dan lembaga keuangan syariah.

Acara yang dihadiri oleh ratusan santri milenial dari pondok pesantren se Solo Raya ini menghadirkan sejumlah pembicara yang kompeten di bidangnya. Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Said, menjadi salah satu pembicara utama. Beliau menggarisbawahi pentingnya memiliki tabungan di bank syariah bagi santri, dengan tujuan menjaga keamanan harta kekayaan dan perencanaan kebutuhan ekonomi yang baik.

Rusmiati, Branch Manager CIMB Niaga Syariah Solo, yang hadir sebagai praktisi dari lembaga keuangan syariah, menyampaikan komitmen perbankan syariah untuk mendukung literasi keuangan syariah di pondok pesantren dan sekolah. Selain itu, ia juga mengumumkan program menarik, yaitu pembukaan rekening khusus santri secara gratis, dengan saldo awal sebesar Rp. 100.000 yang dapat diakses melalui aplikasi Octo Mobile Banking.

Selanjutnya, KH. Lasdi Miftahul Huda, Ketua Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) Solo Raya, memberikan pandangan tentang semangat pesantren dalam mengembangkan sektor ekonomi. Melalui Pesantren Expo yang diselenggarakan oleh UIN Raden Mas Said, HEBITREN memiliki kesempatan emas untuk mempromosikan hasil-hasil bisnis pesantren mereka kepada masyarakat luas.

Acara ditutup dengan kesimpulan bahwa terdapat kerjasama yang erat antara FEBI UIN Said, perbankan syariah, dan HEBITREN sebagai perwakilan dari pesantren yang aktif dalam dunia bisnis. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu mengembangkan ekonomi di pesantren dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi santri serta masyarakat secara keseluruhan.

Dengan acara ini, diharapkan semakin banyak santri yang sadar akan pentingnya literasi keuangan syariah dan mendapatkan akses lebih mudah ke produk-produk keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]