Terkini

Magang PPL FEBI di BAZNAS Klaten: Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Terapkan Pengetahuan Teoritis dalam Layanan Masyarakat

FEBI News| Klaten (Jumat, 19/1/2024), Fajar Santoso, S.E., M.M. salah satu Dosen Pembimbing Lapangan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, melakukan kunjungan sekaligus penarikan di BAZNAS KLATEN. BAZNAS adalah suatu instansi pemerintah yang bergerak pada kegiatan sosial berupa penghimpunan dan penyaluran zakat, infaq, dan sadaqah kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari Program Pengenalan Lapangan (PPL), di mana mahasiswa FEBI melakukan magang dengan tujuan mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah diperoleh selama perkuliahan. Sebelas mahasiswa FEBI yang meliputi dari progam studi MBS dan PBS tengah menjalani PPL di BAZNAS Klaten. Salah satu dari sebelas orang tersebut yaitu kelompok kami dari program studi MBS yang beranggotakan Lisa Islah, Rahma Miftahul, Rojaa ‘Itsni, dan Zulfa Afifah.

Dalam sambutannya, Edy Ahyadi, selaku wakil ketua IV bidang administrasi, SDM, dan Umum, menyambut baik kehadiran DPL Fajar Santoso dan menyatakan bahwa selama magang, mahasiswa FEBI telah mampu dengan baik mengikuti arahan dari mentor terkait tugas yang diberikan. Sebelas mahasiswa tersebut ditempatkan di berbagai departemen perusahaan, dengan keempat mahasiswa Manajemen Bisnia Syariah bekerja di bidang pengumpulan, bidang pendistribusian, pendayagunaan, dan bidang administrasi.

Job desk yang diberikan kepada mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah meliputi tugas-tugas seperti melayani masyarakat yang terdapat kepentingan di BAZNAS, menginput data kedalam laporan pengumpulan, melakukan survei KDZ (Kajian Dampak Zakat) terhadap masyarakat penerima bantuan dari BAZNAS, serta melakukan pengarsipan data kegiatan dinas lapangan.

Tugas yang paling relevan dengan prodi Manajemen Bisnis Syariah ini adalah Customer service atau pelayanan kepada masyarakat. Alasannya, prodi Manajemen Bisnis Syariah mencakup pemahaman mendalam tentang strategi manajemen, termasuk manajemen layanan masyarakat. Melalui tugas ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam menyediakan layanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat, yang sesuai dengan prinsip- prinsip manajemen bisnis untuk meningkatkan kepuasan masyarakat serta membangun citra positif untuk BAZNAS. Semua tugas tersebut relevan dengan bidang Manajemen, memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam pengaturan praktis.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]