FEBI News| Sabtu 19 September 2020 diadakan FGD hasil survey efektivitas pelayanan akademik di masa covid 19 melalui aplikasi zoom. Tim survei FEBI IAIN Surakarta melakukan pemaparan hasil survei efektivitas layanan akademik di masa covid 19. Acara dibuka oleh Ibu Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Woro Retnaningsih M.Pd, beliau menyampaikan pentingnya kualitas dan efektivitas layanan akademik untuk menunjang kualitas suatu kampus, bahwa hasil survei telah direspon oleh para pimpinan melalui adanya layanan administrasi dengan menggunakan platform digital yang telah diluncurkan di FEBI IAIN Surakarta yaitu dengan adanya aplikasi terintegrasi FEBIONETOUCH. Selanjutnya acara dilanjutakan materi teknik dan metodologi survei layanan oleh Rosyid Nur Anggara Putra M.Si. Narasumber memaparkan bahwa tahapan survei dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan pengumpulan data, pengolahan data dan penyusunan laporan hasil survei. Yang terpenting dari survei layanan yaitu diperolehnya hasil yang diperoleh dapat dijadikan rujukan untuk evaluasi dan peningkatan efektivitas layanan.
Setelah materi selesai kemudian dilanjutkan dengan pemeparan hasil survei oleh TIM survei FEBI IAIN Surakarta yang diwakili oleh Samsul Rosadi M.Si. Latar belakang diadakannya survei layanan akademik dikarenakan adanya pandemic covid 19 yang menimbulkan kebijakan work from home dari kampus IAIN Surakata sehingga pelayanan akademik dikalukan dengan daring. Survei yang dilakukan di bulan April dan dikuti oleh 2000 responden yaitu mahasiswa FEBI IAIN Surakarta dari semester 2 hingga semester 8. Hasil survey menunjukan responden menjawab bahwa proses layanan akademik 76.53% mungkin lancar, 13.15% tidal lancar dan 10.31% lancar. Dari hasil survei yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa layanan akademik yang dilakukan di masa pandemic covid 19 mungkin saja sudah berjalan cukup lancar walaupun ada berberapa kendala yang dihadapi oleh para mahasiswa.Rekomendasi yang disarankan yaitu membuat standar proses layanan akademik yang memperhatikan kualitas layanan kepada mahasiswa. Membuat aplikasi layanan akademik yang menunjang jalannya proses layanan akademik yang efektif.
Setelah pemaparan hasil survei, Dekan FEBI IAIN Surkarta Dr. M. Rahmawan Arifin M.Si menyampaikan bahwa banyak layanan akademik FEBI yang harus manyesuaikan kondisi pandemic dimana layanan harus dilakukan secara digital untuk mencegah terjadinya penularan covid 19. Terosbosan layanan adminsitrasi akademik yang dilakukan yaitu dengan aplikasi FEBIONETOUCH yang dapat diakses di http://www.febionetouch.com/. Dalam aplikasi ini terdapat layanan perwalian, PPL, skripsi online, surat menyurat, dan e-learning. Layanan dengan platform digital ini ditujukan untuk memperlancar proses layanan administrasi akademik di FEBI IAIN Surakarta.
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab yang diikuti oleh dosen, karyawan dan mahasiswa FEBI IAIN Surakarta. Dalam diskusi banyak mahasiswa yang bertanya tentang layanan akademik berbasis online yang tentang jadwal pelaksanaan kegiatan dan ada apk febiontouch yang masih belum bisa diinstal di smartphone mahasiswa. Ibu Wakil Dekan 2 menjelaskan untuk jadwal PPL akan menyusul dimana mahasiswa bisa terus mengecek lewat website FEBI dan aplikasi FEBIONETOUCH. Untuk aplikasi yang belum bisa terinstal mahasiswa bisa mengakses melalui website di http://www.febionetouch.com/ karena aplikasi diplaystore masih dalam proses update. Diakahir acara FGD para peserta sangat mengapresiasi layanan platform digital yang diluncurkan FEBI IAIN Surakarta. Sebagai penutup Ibu Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Woro Retnaningsih M.Pd mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta FGD dan akan selalu memperbaiki layanan akademik FEBI IAIN Surakarta untuk kelancaran proses layanan di FEBI IAIN Surakarta. (tim)
Add a Comment
You must be logged in to post a comment