Kegiatan Terkini

91 Mahasiswa AKS Studi Akademik ke Bea Cukai Tanjung Emas

(Semarang, 02/05/2019) – Setelah Kunjungan Akademik ke Kantor Bea Cukai Malang pada pekan lalu. Pagi ini mahasiswa AKS melakukan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas yang beralamatkan di Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang, Jawa Tengah. Setiba di lokasi rombongan dari IAIN Surakarta disambut hangat oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi beserta jajarannya. Kunjungan dilaksanakan sejak pukul 10.00 pagi s/d pukul 12.00 siang. Rombongan sejumlah 91 mahasiswa beserta 4 pendamping dari Program Studi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Surakarta.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka studi akademik bagi mahasiswa Prodi AKS. Ibu Anim Rahmayati selaku Sekretaris Jurusan AKS memberikan sambutan bahwa peserta kunjungan merupakan mahasiswa AKS yang sedang mengambil mata kuliah Audit Forensik yang diampu oleh Bapak Fahri Ali Azhar dan Akuntansi Sektor Publik yang diampu oleh Ibu Anim Rahmayati.

“Harapan kami dengan adanya kunjungan dan studi ini mahasiswa dapat mengetahui bagaimana ilmu secara praktik dari Kantor Bea dan Cukai dalam melakukan tugas dan fungsinya khususnya audit untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang terjadi. Sehingga menginspirasi mahasiswa dalam hal yang berkaitan dengan audit dan sektor publik di Kantor Bea Cukai”, ucap Ibu Anim Rahmayati.

Adapun dalam sambutannya, Bapak Heru selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Keuangan khususnya Kantor Bea Cukai Tanjung Emas konsen ke generasi milenial untuk menjadi front liner dalam penyampaian tugas dan fungsi dari instansi ini kepada masyarakat. Sehingga output dari agenda kali ini mahasiswa dapat menyampaikan ke masyarakat sekitarnya mengenai tupoksi dari Kantor Bea dan Cukai.

Lebih lanjut materi disampaikan oleh Ibu Rina Indrati mengenai Bea dan Cukai, adapun terkait dengan Audit beliau menyampaikan, “Audit yang dilakukan adalah melihat apakah sudah sesuai dengan peraturan, yang dimaksudkan Audit disini ialah bukan  hanya menilai laporan keuangan tapi ketaaan para pengguna, misal seperti pengusaha barang kena cukai”.

Mahasiswa mengikuti rangkaian acara dengan kondusif. Banyak mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi tanya jawab. Adapun Outcome yang di dapatkan mahasiswa AKS FEBI IAIN Surakarta memperoleh pemahaman dan ilmu secara praktik di bidang kepabeanan dan cukai.

(mypw)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]