Kegiatan Terkini

Dosen FEBI IAIN Surakarta Edukasi Pemuda dan Pemudi Karanganyar untuk Peduli Keuangan Pribadi di Masa New Normal

FEBI News | Sejumlah 55 pemuda dan pemudi yang berdomisili Karanganyar mengikuti kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertemakan “Sadar Finansial di Era New Normal”. Kegiatan ini dilakukan secara daring mengingat masih adanya potensi terkena Covid-19 jika dilakukan secara tatap muka (berkerumun).

PkM dilakukan pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 dengan dikoordinasi oleh Helti Nur Aisyiah, M.Si., dosen Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta. Materi yang disampaikan dalam PkM tidak disampaikan sendiri oleh dosen yang bersangkutan, melainkan mengundang narasumber dari luar, yaitu Bapak Alfian Eko Rochmawan, M.Pd.I.

Bapak Alfian Eko Rochmawan, M.Pd.I. tidak sendirian, melainkan didampingi oleh Siti Aminah, S.Pd.I yang diminta berperan sebagai moderator demi kelancaran kegiatan PkM. Narasumber dan moderator berada dalam satu tempat, yaitu di Bulak, Karanganyar. Berbeda dengan ke-55 peserta PkM. Para peserta berada di rumah masing-masing dan mengikuti kegiatan PkM melalui link google meet yang dibagikan oleh koordinator pelaksana.

PkM dimulai pukul 15.00 dengan dipandu oleh moderator dengan narasi awal yang disesuaikan dengan tema PkM. Kemudian, moderator membacakan daftar riwayat hidup narasumber sebelum waktu sepenuhnya diserahkan kepada narasumber. Setelah waktu diambil alih oleh narasumber, narasumber menyampaian materi selama empat jam dengan kesempatan tanya jawab pada satu jam terakhir.

Dalam penyampaian materi, narasumber menekankan pentingnya kesadaran para pemuda/i sebagai generasi penerus bangsa untuk mengelola keuangan pribadi secara hati-hati. Apalagi, saat menjalani masa Kondisi Luar Biasa (KLB) yang mengharuskan untuk beraktivitas dari rumah banyak berita yang berisi tentang merosotnya kondisi keuangan pribadi maupun organisasi.

Pengisian materi tidak dilakukan selama empat jam berturut-turut karena baik narasumber, moderator, peserta, dan tim pelaksana PkM lainnya harus menunaikan sholat Maghrib. Dengan demikian, empat jam dilakukan secara bertahap hingga PkM selesai tuntas pada pukul 19.35. “Kegiatan PkM ini diharapkan dapat memberikan kesadaran para generasi bangsa agar peduli terhadap keuangan pribadi, sehingga tidak terjadi latah keuangan yang disebabkan oleh pandemi. Semoga pandemi tidak terjadi lagi, tetapi kita tetap harus antisipasi” terang Alfian Eko Rochmawan, M.Pd.I., selaku pengisi materi.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]