Kegiatan Terkini

Edukasi Industri Kreatif dan Pelatihan Produksi Souvenir Berbasis Seni Lukis, Pengabdian Dosen FEBI IAIN Surakarta Kepada Komunitas Fatayat di Gunung Kidul

FEBI News| Dalam rangka menyambut era persaingan usaha yang semakin kompetitif, memulai usaha dengan modal yang tinggi adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Pada kesempatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), Dosen IAIN Surakarta Prof. Musa Asy’arie yang diasisteni oleh Irma Yuliani, M.E mencoba mendorong masyarakat Gunungkidul untuk mengenali potensi diri, yaitu dalam rangka mencari peluang usaha melalui industri kreatif. Usaha berbasis industri kreatif ini sangat relevan karena lebih menekankan pada pemanfaatan Sumber Daya Manusia dalam melakukan inovasi produk.
Acara PKM yang dilakukan pada tanggal 16 Juli 2020 di Kecamatan semanu tersebut menghadirkan narasumber Ibu Rina Hastutiningsih, S.E., beliau adalah pelaku usaha kreatif, saat ini beliau telah mengembangkan usaha kreatif melalui penjualan souvenir-souvenir di kalangan milenial dengan berbagai macam produk, yaitu berupa usaha berbasis seni lukis.

Ibu Irma selaku asisten dalam sambutannya menyebutkan bahwa peran Industi kreatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan tak terbatas adalah alternatif yang sangat tepat, selain mampu menciptakan produk-produk yang kreatif dan inovatif, biaya pengembangan industri kreatif tidak lebih mahal jika dibandingkan dengan industri berbasis Sumber Daya Alam (SDA). Sedangkan Ibu Rina selaku Narasumber juga menggarisbawahi bahwa kunci dalam mengembangkan industri kreatif adalah ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Selain memberikan edukasi mengenai industri kreatif, peserta pengabdian masyarakat juga diberikan pelatihan secara langsung, yaitu berupa kegiatan memodifikasi souvenir totebag dengan seni lukis, setiap peserta diberikan alternatif beberapa sketsa gambar yang menarik, kemudian totebag tersebut dilukis dan dimodifikasi. Hadir juga dalam kegiatan tersebut ketua PC Fatayat NU Gunungkidul dan ketua PAC Fatayat NU Semanu sebagai parter kerja, berkat Kerjasama yang baik acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. (IY)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]