Kegiatan Terkini

Pengabdian Dosen FEBI Diskusikan Dampak Ekonomi Pandemi Covid 19 Secara Psikologis

FEBI News| Masa pandemi covid 19 telah membuat banyak perubahan terutama pada kondisi ekonomi di Indonesia yang sangat berubah drastis. Kondisi perubahan yang tidak menentu ini berdampak pada psikologis seseorang dalam menghadapi iklim ekonomi di masa pandemi covid 19. Sabtu 11 Juli 2020 melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang didampingi oleh Fahri Ali Ahzar, M.Si. Pengabdian kepada masyarakat yang bertema”Dampak Ekonomi Pada Psikologis Di Era New Normal Pasca Pandemi Covid 19” ini disampaikan melaui narasumber yaitu Ibu Nandya Tiarani M.Psi serta moderator Siti Ulfi Rohmatin.  Adapun pelaksanaan pengabdian berkonsep melalui daring atau online yang diikuti oleh peserta yang bertempat tinggal sekitar Boyolali.

Dalam materi yang disampaikan oleh narasumber diketahui bahwasanya perubahan ekonomi atau kondisi ekonomi sekarang ini berpengaruh pada psikologis masyarakat. Psikologis tersebut berupa depresi pada pikiran seseorang terutama masyarakat yang bermata pencahariaan sebagai karyawan pabrik yakni berupa PHK. Mereka harus mencari pemasukan atau sumber uang dari kegiatan atau mata pencaharian yang lain untuk memenuhi kebutuhan. Begitu pula bagi para pelaku usaha yang sebagian juga terdampak kondisi ini. Misalnya adalah para pedagang kecil yang biasa berjualan disekitar kampus atau sekolah. Mereka juga mengalami depresi atau stress karena sekolah atau kampus yang tidak melakasanakan pembelajaran secara offline sehingga pemasukan mereka berkurang.

Selain itu dampak psikologis juga dialami para orang tua dan mahasiswa. Salah satunya adalah bagi orang tua mereka juga harus membayar biaya pendidikan bagi para anak-anaknya. Bagi mahasiswa sendiri mereka pun juga sama harus belajar secara online yang yang mana mungkin ada pemasukan orang tua yang berkurang dan mengharuskan mahasiswa untuk bekerja dengan tujuan agar mereka bisa  membeli kuota internet untuk berkuliah online.

Dari semua kondisi yang bermacam macam tersebut, narasumber menyarankan bahwasanya mausia sekarang memang sedang mengalami ujian sehingga alangkah baiknya tetap selalu sabar dan semangat dalam menjalani semua kondisini ini. Memang terkadang manusia harus berpikir keras akan tetapi hal itu tidaklah bagus bagi kondisi fisik terutata pikiran manusia. Hal ini karena jika manusia memikirkan sesuatu atau kondisi sekarang ini melebihi dari batas wajar akan merugikan diri sendiri, alangkah baiknya tetap melakukan kegiatan yang bernilai positif yang tentunya akan berdampak positif pada diri sendiri.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]