Kegiatan Terkini

Sharing knowledge about auditors experience, Kelas Profesional Prodi AKS FEBI IAIN surakarta

FEBI News| Hari ini Rabu 15 Juli 2020, Program Studi Akuntansi Syariah menyelenggarakan kegaiatan kelas peminatan profesional dengan tema Sharing knowledge about auditors experience melalui sistem daring. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 6. Dalam kesempatan ini menghadirkan pakar dari luar dalam rangka memberikan pengetahuan praktis kepada mahasiswa dalam rangka pembentukan softskill mahasiswa khususnya mengenai auditing.

Acara ini dipandu oleh moderator Ahmad Musodik yang merupakan Duta Akuntansi Syariah. Adapun narasumber dalam acara ini adalah Bapak Muhrom Ali Roza’i, SE, M.E.Sy., M.Si., CRMO yang merupakan auditor pada Inspektorat Kabupaten Boyolali. Pembicara menyampaikan mengenai pengalaman selama menjadi auditor dan pengetahuan teknis tentang audit. Seorang auditor harus memahami etika audit yang meliputi integritas, objektivitas, kerahasiaan, kompetensi, akuntabel dan perilaku profesionalitas. Kejujuran merupakan mahkotanya audit. Terdapat auditor internal dan auditor eksternal dalam pemerintahan daerah di Indonesia. Auditor eksternal pemerintah adalah BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) yang bertanggungjawab kepada DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), sedangkan auditor internal pemerintah adalah BPKP dan Inspektorat dengan tujuan memberikan reomendasi atau perbaikan. Jenis audit yang dilakukan oleh Inspektorat adalah audit keuangan, operasional (kinerja) dan dengan tujuan tertentu (investigasi). Audit keuangan yang dilakukan oleh Inspektorat bukan untuk memberikan opini tetapi mengaudit prosesnya, menilai rentang waktu dan penggunaan dana. Audit kinerja dilakukan untuk menilai program atau aktivitas apakah sudah ekonomis, efisien dan efektif (input, output dan outcome). Audit investigasi dilakukan untuk menilai kerugian, bisa bersumber dari audit sebelumnya.

Pendekatan auditor internal sekarang ini adalah auditor sekarang lebih memberi solusi, pencegahan terjadinya fraud melalui asistensi atau pendampingan dan penyelesaian yang konstruktif. Acara ini juga diikuti oleh beberapa dosen Program Studi Akuntansi Syariah dan aktif dalam diskusi bersama narasumber.  Mahasiswa yang mengikuti acara ini juga aktif dalam melaksanakan diskusi dalam bentuk tanya jawab dengan narasumber. Acara ini diakhiri dengan ucapan terimakasih dari pengelola Program Studi Akuntansi Syariah kepada Narasumber dan semua peserta yang mengikuti kelas peminatan hari ini.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]