Kegiatan Terkini

Tumbuhkan semangat berwirausaha, Dosen Febi edukasi Tata Kelola Keuangan bagi komunitas satpam

FEBI News| Dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam sektor keuangan di era pandemiini, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang tata kelola keuangan mandiri bagi profesi satpam di era pandemi.

Banyaknya angka pengangguran yang muncul pada era pandemic membuat orang akan bekerja semakin giat untuk bias mempertahankan pekerjaan yang ada. Bagi para pekerja yang masih memeliki pekerjaan, tak pelak dihadapkan pada meningkatnya kebutuhan ekonomi menghadapi era pandemic dan menuju ke kenormalan baru. Semua orang harus bisa melalui itu semua.

Profesi satpam adalah salah satu profesi yang mutlak memerlukan kehadiran fisik selama bekerja. Tak urung, tidak sedikit dari mereka yang harus kehilangan pekerjaan dengan alasan efisiensi. Di sisi lain, satpam yang masih bekerja pun juga harus extra dalam bekerja karena dihadapkan pada tanggung jawab dan protocol di era pandemic menuju kenormalan baru. Namun dari segi penghasilan, penghasilan tidak berubah. Hal ini akan membawa dampak pada perekonomian keluarga kalau tidak diimbangi dengan tata kelola yang mumpuni. Sehingga diperlukan pengenalan bagi mereka untuk bisa mengelola perekonomian secara mandiri dengan baik dengan berbagai alternative yang ada.
Hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh ibu Wahyu Pramesti, dosen FEBI IAIN Surakarta, Bapak Riyan sebagai narasumber. Memberi nuansa baru bagi profesi satpam untuk membuka wawasan mengenai tata kelola keuangan. Mereka yang selama ini jauh dari jangkauan tentang tata kelola keuangan, diberi wawasan tentang prinsip dasar ekonomi. Mengingatkan kembali bahwa penghasilan yang diperoleh mereka pertama kali digunakan untuk konsumsi, kemudian tabungan, dan terakhir investasi jika masih ada sebagai urutan skala prioritas.

Acara yang dilaksanakan pada Rabu 22 Juli 2020 tersebut mendapat sambutan positif dari peserta, beberapa peserta merasa antusias karena jarang sekali ada kesempatan berbagi ilmu dengan mereka. Para peserta yang memiliki usaha sambilan, mengalami kendala yang saat ini dihadapi oleh mayoritas pelaku usaha, yakni turunnya omzet penjualan. Saran-saran dari narasumber diharapkan bisa menjembatani dalam upaya penanganan yang dihadapi oleh peserta. Umumnya terkit kendala pemasaran yang sekarang berbasis online yang belum banyak dipahami oleh pelaku usaha tradisional.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]