AKS Kegiatan Terkini

Pebisnis Muda Wirda Mansyur dan Damara Putri berikan Kiat Bisnis pada Talkshow Kewirausahaan HMPS AKS

FEBI News| Melalui media conference Zoom Meeting, Sabtu 31 Oktober 2020. Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah (HMPS AKS) IAIN Surakarta telah sukses menyelenggarakan acaranya yaitu SERU (Seminar dan Talkshow Kewirausahaan) yang bertajuk “Start Your Experience to be a Great Entrepreneur”. Guna memberikan pengetahuan sekaligus mengajak generasi muda untuk terus berinovasi salah satunya dengan menjadi seorang entrepreneur muda, kegiatan ini sengaja dibuka untuk umum tanpa terkecuali mahasiswa IAIN Surakarta hingga berhasil menjaring sebanyak 212 peserta. Selain itu, suksesnya acara ini turut didukung oleh hadirnya dua orang pembicara yang begitu luar biasa yaitu Damara Putri Wardhana dan Wirda Mansur, dimana keduanya memiliki segudang prestasi dan pengalaman dibidangnya.

Pada kesempatannya, Damara Putri selaku pembicara sekaligus owner dari @macaron.solo ini menyampaikan tips sukses dalam berbisnis, seperti harus berani memulai, berusaha untuk melakukan apa yang kita bisa, kemudian melihat pangsa pasar terhadap barang yang laku dijual, setelah itu lakukan dengan ikhlas dan niat yang baik. Pada saat menjalankan usaha kita juga harus memegang teguh tawakal, jujur pada diri sendiri, fokus dan berani survive, yakini bahwa semua rezeki adalah jaminan dari Allah SWT. Dalam mengakhiri kesempatannya, beliau berpesan terkait mengatur keuangan pada anak muda dengan mengurangi gengsi, melihat kebutuhan yang lebih mendesak, memiliki pikiran yang luas dan target yang jelas.

Pada sesi kedua dengan pembicara yang akrab disapa kak Wirda Mansyur ini menyampaikan terkait langkah awal dalam memulai suatu bisnis. Menurut beliau, kita harus memahami terlebih dahulu tujuan dari bisnis tersebut dan memahami konsekuensinya. Selain itu pahami aturan, lawan rasa takut untuk temukan potensi, kemudian yakini dan jangan lupa berdoa serta berusaha. Salah satu hal tersulit ketika telah memulai bisnis ialah melawan rasa takut. Rasa takut bisa dilawan dengan melatih mindset, yakni misalnya dengan huznuzdon yang diiringi oleh doa dan kesabaran. Kita boleh beriistirahat ketika datangnya rasa lelah, namun jangan sampai berhenti. Ditutup dengan kata-kata yang menggetarkan hati semua peserta, berikut ini penuturan Wirda Mansyur, “siapa yang berusaha dia yang bisa, siapa yang belajar dia yang pintar, dan siapa yang kerja keras dia yang sukses”.

Antusiasme peserta sangat terlihat dalam kegiatan ini, pembicara yang menyampaikan materinya dengan lugas berdasarkan pengalaman pribadi mereka, membuat semua peserta semakin tertarik menyimaknya. Semoga dengan terlaksananya acara semacam ini, mampu melahirkan kembali semangat jiwa entrepreneur muda dalam diri generasi penerus bangsa.

Redaktur: Ajeng/KJF

1 Comment

  • Anonim
    2 November 2020

    5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]