Kegiatan Terkini

Dosen FEBI UIN Raden Mas Said menjadi Pembicara pada Pelatihan Pemasaran UMKM Wanita Katolik Republik Indonesia

FEBI News| Salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, Helti Nur Aisyiah, S.Pd., M.Si., menjadi pembicara pada pelatihan yang diselenggarakan oleh Organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Ranting Jaten. Pelatihan tersebut bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM pada Masa Pandemi” dan diselenggarakan di Balai Desa Kelurahan Ngringo pada Minggu (19/9/2021).

Pelatihan yang berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB tersebut diikuti oleh 25 peserta dan dihadiri oleh tamu undangan unsur internal dan eksternal WKRI. Tamu undangan unsur internal, dihadiri oleh ketua WKRI Cabang Karanganyar, sedangkan tamu undangan unsur pemerintahan dihadiri oleh perwakilan Camat Jaten dan Lurah Ngringo. Dalam isian sambutan yang disampaikan oleh masing-masing tamu undangan, terdapat ajakan oleh para penyambut untuk saling merangkul tanpa membeda-bedakan agama demi kerukunan antarumat beragama. Ajakan tersebut pun sudah dapat dilihat dari teknis pelaksanaan pelatihan di hari tersebut. Walaupun pelatihan diselenggarakan oleh WKRI, peserta tidak hanya dari kalangan Katolik, melainkan juga diikuti oleh agama lain.

Dalam kesempatan tersebut, Helti Nur Aisyiah, S.Pd., M.Si. sebagai narasumber membagikan  tips-tips penggunaan smartphone untuk kepentingan pemasaran UMKM. Saat penyampaian materi, antusiasme peserta terlihat dari tiga perespon sekaligus penanya yang merupakan pelaku UMKM. Setelah sesi tanya-jawab, narasumber mengajak para peserta untuk keluar ruangan untuk mempraktikkan apa yang telah diterima saat penyampaian materi dan tanya-jawab.

Di luar ruangan, narasumber memberikan waktu 10 menit kepada masing-masing peserta untuk memotret produk atau barang dagangan yang dibawa dari rumah. Di sela-sela kesibukan pemotretan yang dilakukan oleh para peserta, narasumber mengunjungi tempat-tempat yang dipilih peserta sebagai lokasi pemotretan. Dalam setiap kunjungan, narasumber dibantu oleh salah satu mahasiswa Akuntansi Syariah, Muhamad Irfani, memastikan bahwa proses pengambilan foto produk sudah sesuai dengan yang telah disampaikan oleh narasumber saat di dalam ruangan.

Setelah seluruh peserta menyelesaikan praktik foto produk, narasumber meminta para peserta untuk masuk kembali ke dalam ruangan. Hasil foto produk melalui smartphone masing-masing peserta dikirim ke grup Whatsapp untuk dievaluasi bersama. Selama sesi evaluasi, antusiasme peserta kembali terlihat dari banyaknya masukan yang diberikan kepada peserta lain untuk hasil pemotretan yang lebih baik lagi. Dengan berakhirnya sesi evaluasi, maka berakhir pula pelatihan tersebut.  

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]