Kegiatan Terkini

Menjawab Tantangan dalam Pengembangan Ekonomi Syariah, Diskusi Dosen Hadirkan Pakar Ekonomi Syariah dan Praktisi

FEBI News| Unit konsorsium dosen kembali menggelar kegiatan diskusi dosen secara online melalui aplikasi zoom dan chanel youtube FEBI Tv dengan tema “Tantangan dalam Pengembangan Ekonomi Islam”. Acara ini menghadirkan narasumber pertama yaitu Dr. Abdul Qoyum, SEI, M.Sc.Fin yang merupakan doctor muda dan telah banyak kiprahnya dalam pengembangan ekonomi syariah juga sebagai Kaprodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan narasumber kedua Alvin Yahya, SH,MH yang merupakan salah seorang dosen FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta juga merupakan praktisi yang telah banyak pengalamannya baik dalam bidang lembaga keuangan maupun lembaga hukum.

Kegiatan diskusi dibuka oleh Wakil Dekan 1 FEBI UIN Raden Mas Said, Dr. Awan Kostrad Diharto, M.Ag. Dalam sambutannya Wadek 1 berharap bahwa dalam menghadapi tantangan untuk mengembangkan ekonomi syariah ada dua poin penting yaitu mulai dari hal yang kecil dan gunakan cara-cara gila (tidak biasa). Setelah sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi inti diskusi yang dipandu oleh moderator Habsyah Fitri Aryani, M.Ak.

Paparan pertama materi disampaikan oleh narasumber Bapak Abdul Qoyum diawali dari deskripsi data perkembangan ekonomi dan keuangan syariah secara global, kondisi riil perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah harus terus dilakukan dengan “learning by doing”, fakta-fakta terkait lembaga pendidikan Ekonomi Islam, Persoalan-persoalan umat yang belum terselesaikan, kemudian diakhiri dengan beberapa tawaran solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi. Paparan materi selanjutnya disampaikan oleh Alvin Yahya, MH yang banyak bercerita secara spesifik pengalaman dalam dunia lembaga keuangan syariah. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh lembaga keuangan syariah diantaranya yaitu tentang masih rumitnya proses dalam lembaga keuangan syariah, harga di lembaga keuangan syariah (perbankan syariah) yang masih kurang kompetitif, dan masih perlu banyak edukasi kepada masyarakat tentang apa itu ekonomi dan keuangan syariah.

Setelah sesi paparan materi, acara inti selanjutnya disambung dengan sesi tanya jawab. Beberapa tanggapan dan pertanyaan disampaikan oleh peserta diskusi, baik secara langsung maupun melalui kolom chat. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan narasumber kemudian ditutup oleh pembawa acara. (Usnan).

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]