Kegiatan Terkini

Pesan Gubernur Jawa Tengah kepada Peserta Seminar HMPS AKS: “Kewirausahaan itu bukan Pekerjaan Melainkan Pola Pikir”

FEBI News| Bertempat di Gedung Graha UIN Raden Mas Said Surakarta, HMPS Akuntansi Syariah sukses gelar Seminar Kewirausahaan bertema “Prepare the Future with Entrepreneurship” pada
Rabu, (15/9/2021). Acara ini merupakan bagian dari serangkaian agenda ASPHA 4.0 yang terbagi kedalam 2 Sesi dan dilaksanakan secara gabungan luring dan daring. Selain itu, suksesnya acara ini turut didukung oleh partisipasi peserta yang luar biasa, serta kehadiran Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. sebagai Keynote Speaker. Sebagai pembicara adalah Budiyanto, S.Pi yang merupakan CEO Budiyanto Corporation Holding Company sebagai serta didampingi oleh Moderator yakni M. Azwan Annas, S.Akun selaku alumni prodi AKS.

Melalui sambutan hangat yang disampaikan oleh Wakil Dekan 3 bidang Kemahasiswaan Septin Puji Astuti, S.Si., M.T. Ph.D, acara resmi dibuka dan dilanjutkan oleh keynote speech dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur memantik acara dengan obrolannya bersama peserta yang terlibat sebagai pelaku usaha. Menariknya lagi ia juga memberikan wejangan kepada para pemuda bahwasannya “kewirausahaan itu bukan pekerjaan melainkan pola pikir” dan memperkenalkan berbagai produk ekonomi kreatif khas anak muda yang dapat dijadikan referensi dalam berwirausaha. Kemudian acara inti pada sesi 1 pun berlansung dengan penyampaian materi dari Bpk. Budiyanti. Pada kesempatannya beliau memamparkan banyak hal terkait bagaimana proses menjadi entrepreneur berdasarkan pengalaman darinya. Selain itu, beliau mencoba mengubah mindset mahasiswa untuk menghilangkan mental block dan mulai berpikir untuk menjadi pengusaha sebelum sarjana dengan langkah-langkan eksponensial. Hal tersebut dilakukan guna membangun fondasi peradaban ekonomi Indonesia yang berdaulat dan mensejahterakan. Selain itu dalam membuat usaha perlu adanya misi yang kuat sebagai koridor dalam menjalankannya. Peserta juga diperkenalkan terkait syarat menjadi pengusaha seperti diantaranya memiliki badan hukum, melakukan kegiatan usaha, dan membangun jaringan usaha. Diakhir sesi 1 beliau sempat memotivasi peserta sekaligus mahasiswa dengan tips bisnis ala beliau mulai dari kerja keras hingga membangun keberanian dan sebagainya.

Kemudian acara berlanjut pada Sesi ke-2 yang dimulai pada pukul 13.00 WIB. Sesi kedua berjalan secara singkat, pemateri hanya menegaskan kembali materi yang sudah dijelaskan di sesi 1 serta memberi wejangan kepada mahasiswa agar tidak malas, karena jika mahasiswa malas, sama saja mahasiswa mengkhianati negara. Menurut Budiyanto selaku pembicara pada seminar kewirausahaan, modal bukanlah uang tetapi modal utama adalah perkawanan. Contohnya adalah yang memiliki hubungan baik dengan Presiden Jokowi sebelum menjadi presiden, maka sekarang banyak yang jabatannya diangkat.

Redaktur: AJeng/Aji/KJF

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]