Kegiatan Terkini

Tips Meraih Prestasi Akademik: Cerdas dan tepat, Event Perdana pada Program Kelas Peminatan Akademisi Prodi Perbankan Syariah

FEBI News| Kelas peminatan tahun ajaran 2021-2022 semester ganjil secara perdana dilaksanakan
Sabtu (25/9/2021). Kelas pada prodi Perbankan Syariah dibuka dengan kelas peminatan akademis dengan tema “Meraih Prestasi Akademik : Cerdas Dan Tepat”. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 5 prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Mas Said. Pada kesempatan ini sambutan disampaikan oleh Sekretaris Prodi Perbankan Syariah yaitu Bapak Rais Sani Muharrami,S.E.I.,M.E.I dan sekaligus menjadi pembukaan acara diskusi kelas akdemis. Ia memaparkan bahwa kelas akademis ini merupakan bekal mahasiswa untuk mempersiapkan rencana studi dan tugas akhir atau skripsi. Lebih lanjut, Sekprodi PBS menyampaikan bahwa semester 5 merupakan saat yang tepat untuk mulai merencanakan tugas akhir dan karir kedepan. Materi diskusi hari ini akan banyak disampaikan terkait pengalaman dan tips dari pembicara yang merupakan alumni Prodi Perbankan Syariah yang saat ini melanjutkan studi lanjut di Magister Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya melalui beasiswa LPDP.

Materi utama disampaikan oleh Muhammad Alan Nur,S.E. yang merupakan alumnus FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta dan juga penerima beasiswa LPDP Magister di Universitas Airlangga Surabaya. Dalam pemaparan materi diskusi, pemateri menjelaskan tentang bagaimana rencana studi harus dipersiapan dengan serius, maka membutuhkan strategi-strategi belajar yang tepat. Pertama adalah membangun support system, hal ini dapat dilakukan dengan orang-orang sekitar seperti keluarga sahabat dan rekan sejawat. Kedua adalah metode belajar yang dilakukan, hal ini dapat mempengaruhi kualitas belajar apabila menerapkan metode yang cocok dengan diri sendiri, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan diri dalam menentukan rencana studi. Ketiga adalah adalah memotivasi diri, strategi ini sangat penting agar terhindar dari sikap jenuh dan malas sehingga dapat mencapai tujuan yang menjadi target dalam rencana studi. Dipenghujung acara pemateri juga menyampaikan bebarapa strategi terkait rencana jenjang studi dalam memperoleh beasiswa.

Acara diskusi kelas akademis yang telah terlaksana ini diharapkan mampu menjawab tantangan peserta kelas akademis dalam menysusun rencana studi tingkat sarjana. Hal ini bisa memberikan berdampak positif sekaligus memotivasi mahasiswa kelas akademis dalam menyelsaikan kewajiban perkulihan selama 4 tahun dan lulus tepat waktu. Pada akhir diskusi, peserta antusias melakukan tanya-jawab sekaligus sharing kepada pemateri diskusi.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]