Kegiatan Terkini

FEBI & Bank Indonesia siap kembangkan Ekonomi Pesantren di Solo Raya

FEBI News | Tim Dosen FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan Program Kolaboratif Pengembangan Ekonomi dan Bisnis Pesantren. Acara ini dilaksanakan di Pondok Pesantren al-Hikmah Gatak Sukoharjo pada Jumat (15/10/2021). Program ini merupakan kerjasama antara tiga lembaga yaitu FEBI UIN Raden Mas Said, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo dan HEBITREN (Himpunan Bisnis dan Ekonomi Pesantren) Koordinator Wilayah Solo Raya.

Hadir dalam kegiatan ini, Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si, Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Woro Retnaningsih, M.Pd. Dosen FEBI Asep Maulana Rohimat, M.S.I, Mohamad Irsyad, M.E., serta staf TU FEBI Laila, hadir juga Pengurus HEBITREN Solo Raya yang dipimpin oleh Kyai Miftahul Huda (Ketua HEBITREN Solo Raya) dari Ponpes Al Hikmah Kyai Sarwoko dari Ponpes Kyai Ageng Selo dan Kyai Muzamil dari Ponpes Hidayatullah. Sebagai pemateri adalah Perwakilan dari K33 Distribution Bapak Hari Sumarsono, serta para santriwan dan santriwati Pondok Pesantren al-Hikmah

Kegiatan diawali dengan sambutan dari KH. Miftahul Huda selaku perwakilan dari HEBITREN. Dalam sambutannya, Kyai Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikmah ini berharap dengan kerjasama antara berbagai, dapat menguatkan ekosistem perekonomian pondok pesantren di Solo Raya. Ia juga berharap dengan hadirnya FEBI mampu mendukung keberadaan HEBITREN dan dapat melakukan pendampingan kegiatan HEBITREN dengan baik.

Menurut Dekan FEBI dalam sambutannya menyatakan bahwa program kolaboratif antara berbagai pihak sangat penting untuk dilaksanakan guna mengembangkan ekosistem dan perekonomian di pesantren. Beliau juga menyampaikan, bahwa FEBI dalam hal ini berperan sebagai fasilitator yang sekiranya FEBI bisa berikan dan bisa hadirkan di setiap program HEBITREN. Namun demikian, dalam pengembangan dan pengelolaan bisnis yang dijalankan, FEBI menyerahkan sepenuhnya kepada HEBITREN dan pihak pesantren.

Setelah sambutan, Kegiatan dilanjutkan ke acara inti yang dimoderatori oleh Khomaruddin Akhmad, M.E. dengan narasumber dari K33 Distribusi Solo yang diwakili oleh Hari Sumarsono selaku Managing director. Dalam materi yang disampaikan, beliau menyampaikan adanya potensi besar untuk mengembangkan ekosistem perekonomian pesantren. K33 Distribusi Solo optimis dengan turut andil dalam mensupport pengadaan barang dan produk yang dibutuhkan. Lebih lanjut, pembicara memaparkan terdapat empat faktor yang dibutuhkan dalam pengembangan HEBITREN, yaitu, pertama, membangun dan mengembangkan sistem. Kedua, organisasi, memiliki misi, visi dan tujuan yang jelas. Ketiga, memiliki manajemen dan SOP yang tertata. Keempat, SDM yang berkualitas. Keempat faktor ini harus diperhatikan dan diperkuat HEBITREN dalam proses perkembangannya, agar HEBITREN dapat berjalan dengan baik dan sustainable. (Irsyad)


Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]