Kegiatan Terkini

FEBI ciptakan Iklim Ekonomi Islam dalam seluruh Kegiatan akademik

FEBI News| Sebagai wujud komitmen civitas akademika FEBI UIN RM Said Surakarta dalam pengembangan Ekonomi Islam. Pada hari Selasa-Rabu 13-14 oktober 2021 bertempat di Aula FEBI, diadakan Pendidikan Dasar Ekonomi Islam bagi Dosen dan Karyawan. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar ekonomi Islam bagi seluruh civitas akademika. Kegiatan ini sebagai wujud keinginan keluarga besar FEBI untuk menciptakan iklim ekonomi Islam dalam seluruh kegiatan akademik di lingkungan FEBI. Sebagai penyelenggara Pendidikan ekonomi Islam, maka semangat dan worldview ekonomi Islam menjadi semangat dan dasar utama dalam pengelolaan fakultas. Semangat ekonomi Islam yang mengedepankan asas keadilan dan kemaslahatan menjadi fondasi utama pelaksanakan kegiatan akademik dilingkungan FEBI UIN RM Said Surakarta.

Dalam sambutannya, dekan FEBI UIN RM Said Dr. M. Rahmawan Arifin menyatakan bahwa latar belakang dosen dan karyawan yg beragam, menjadi tantangan tersendiri dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Dengan latar belakang yang cukup beragam ini, maka diperlukan pengenalan serta pemahaman Ekonomi Islam yang cukup bagi seluruh civitas akademika FEBI UIN RM Said Surakarta. Kegiatan ini menjadi awal ikhtiar fakultas dalam menciptakan miliu ekonomi Islam dalam seluruh kegiatan akademik di FEBI.

Kegiatan Pendidikan dasar Ekonomi Islam ini menghadirkan 2 pembicara yang merupakan akademisi dan aktifis ekonomi Islam. Narasumber pertama bapak Priyonggo Suseno, S.E., M.Sc. yang merupakan dosen Universitas Islam Indonesia sekaligus Ph.D Candidate dalam bidang keuangan Islam di INCIEF The Global University of Islamic Finance Kuala Lumpur Malaysia. Dalam materinya beliau menyampaikan bagaimana agama Islam menjadi pondasi utama dalam aktifitas ekonomi. Secara lugas beliau juga menyampaikan bagaimana teori-teori muamalah Islam mampu dijelaskan dalam logika dan teori ekonomi modern.

Pada hari kedua, materi disampaikan oleh bapak Akhmad Akbar Susamto, S.E., M.Phil., Ph.D. yang merupakan Doktor di bidang Ekonomics Australian National University dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Beliau membuka wawasan peserta tentang Framework Islamic Economic yang selama ini masih belum baku. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa tujuan utama Ekonomi Islam adalah untuk membebaskan masyarakat dari permasalahn ekonomi secara Islam, atau yang biasa disebut maslahah dengan kerangka Maqashid Syariah. Dalam akhir materi beliau menegaskan bahwa Indonesia merupakan Pusat Laboratorium Ekonomi Islam Dunia, maka menjadi tantangan bagi kita untuk mampu mewujudkan dan merealisasikannya.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]