Kegiatan Terkini

Siapkan Mahasiswa Mandiri bermental Pejuang, FEBI kunjungi Pondok Pesantren Darul Latief Ar Rosyid Banyuwangi

FEBI News| Dalam rangka penyelenggaraan Kegiatan Benchmarking, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Latief Ar Rosyid Banyuwangi.

Pesantren Darul Latief Ar Rosyid merupakan pesantren yang dirintis dan dikelola dari nol oleh seorang Kyai lulusan Pesantren Gontor dan lulusan Al-Azhar Mesir. Terdiri dari lima tingkatan pendidikan mulai dari Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah. Dari kelima tingkat pendidikan tersebut, pesantren ini memiliki jumlah santri sebanyak 400 lebih santri yang dididik oleh 54 pengajar (ustadz dan ustadzah). Dalam hal sistem pendidikan yang diterapkan di pesantren, meskipun Pak Kyai Rosyid berasal dari latar  pendidikan Gontor dan Al Azhar, namun beliau tetap menyesuaikannya dengan nilai-nilai lokal dan budaya sekitar. Sehingga, keberadaan pesantren dapat diterima oleh masyarakat dengan tangan terbuka.

Kegiatan Benchmarking ke pesantren ini diikuti oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta Bapak Dr. M. Rahmawan Arifin. S.E.. M.Si.,  Wakil Dekan 2 Dr.Hj. Woro Retnaningsih,M.Pd, pengelola Pesmadin (Pesantren Mahasiswa Diniyah FEBI) Ust. Nur Hidayah Al Amin, M.E.Sy. disertai oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi, perwakilan Dosen dan perwakilan dari tenaga kependidikan FEBI.

Agenda dibuka oleh Dekan FEBI Bapak Dr. M. Rahmawan Arifin. S.E.. M.Si. Dalam sambutan dan pembukaannya, ia menyampaikan bahwa Pesantren Darul Latief Ar Rosyid ini didirikan dengan komitmen kemandirian sang pendiri yaitu kyai Rosyid, yang dengan komitmen kemandirian ini diharapkan akan menjadi ruh bagi para santri ke depan. Beliau juga menyampaikan bahwa Kyai Rosyid adalah putra dari keluarga yang mapan yang merupakan salah satu anggota DPR RI. Namun, beliau memilih melepas dari kemapanan keluarga dan mendedikasikan dirinya untuk mengabdi kepada umat.

Dr. M. Rahmawan Arifin menegaskan, bahwa kemandirian dan perjuangan merupakan hal penting dalam mendidik anak didik sebagai bekal kehidupan, hadirnya FEBI di lingkungan pesantren Darul Latief Ar Rosyid ini bertujuan untuk menggali sekaligus mencontoh kemandirian Pak Kyai Rosyid dalam membangun pesantren dan mendidik santri, agar dapat kita tularkan dan terapkan kepada mahasiswa dan santri PESMADIN di FEBI.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan oleh Bapak Kyai Fakhir Ahmad Rosyid, Lc. Dimana beliau menyampaikan bahwa Pondok pesantren ini didirikan dengan tujuan awal untuk memenuhi cita cita orang tua. Dengan harapan bahwa pesantren ini dapat menjadi tempat pendidikan agama bagi masyarakat sekaligus dapat membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu. Beliau melanjutkan, bahwa awal pendirian dan pendanaan pondok pesantren Darul latief Ar Rosyis bersumber dari zakat mal keluarga besar. Dan dalam organisasi kepengurusan pesantren, ia melepaskan peran keluarga  besar agar pesantren bebas dari adanya KKN, sehingga beliau fokus memperbanyak pemberdayaan orang luar dan masyarakat sekitar, serta pemberdayaan alumni dan lulusan pesantren. Karena menurut beliau, untuk menjadi seorang ustadz dan kyai itu bukan karena keturunan, melainkan dilakukan dengan sistem kaderisasi dan pendidikan. Yang mana, hal ini sejalan dengan tujuan mendirikan pesantren, dimana pesantren didiran bukan untuk kepentingan dan keuntungan keluarga, melainkan untuk kepentingan dan kebutuhan umat.

Selanjutnya, acara diakhiri  dengan melakukan kunjungan di lingkungan pesantren, dari mulai ruang kelas, masjid, dapur santri, asrama, kantin santri, penginapan tamu, hingga sawah dan tanah yang dimiliki pesantren.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]