Kegiatan Terkini

Siapkan Unit Usaha, FEBI lakukan benchmarking ke Kaboki Factory Pasuruan

FEBI News| FEBI lakukan kunjungan ke Kaboki Factory outlet yang terletak di Desa Lecari Kecamatan Sukorejo, Pasuruan. Kunjungan ini dilaksanakan pada Selasa (9/11/ 2021)diikuti oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta Bapak Dr. M. Rahmawan Arifin. S.E.. M.Si.,  Wakil Dekan 2 Dr.Hj. Woro Retnaningsih, M.Pd disertai oleh  Ketua dan sekretaris Program Studi, perwakilan Dosen dan perwakilan dari tenaga kependidikan FEBI.

Kaboki merupakan brand tas rajut yang berbasis pemberdayaan masyarakat dimana fokus pemasaran utamanya adalah export. Yang menarik dari Kaboki ini, selain usahanya dibangun dengan memberdayakan masyarakat, juga dijadikan factory tour dan praktik yang juga dapat menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. Wisata Tas Rajut Kaboki merupakan fasilitas produksi tas rajut Kaboki yang kemudian dikondisikan sedemikian rupa sehingga nyaman dikunjungi sebagai alternatif wisata. Bukan hanya wisata belanja, tapi juga wisata edukasi dan penanaman rasa cinta terhadap hasil produk dalam negeri.

Sebagaimana disampaikan oleh Abdi Mulyawan selaku Direktur bahwa Factory Tour & Kursus Rajut diselenggarakan cuma-cuma/ gratis. Dan diperuntukkan untuk kelompok lembaga pendidikan, wisatawan dan kelompok masyarakat baik formal maupun informal.

Alasan lain, kunjungan FEBI ke Kaboki berdasarkan apa yang disampaikan oleh Dr. M. Rahmawan Arifin, Bahwa yang menarik dari Kaboki selain dari factory tour dan praktik rajut, adalah  bahwa perusahaan Kaboki ini juga membidangi hotel syariah di Bali dan menjadi pilot project kementerian pariwisata.  Lebih lanjut, ia menyatakan meskipun hotel ini tidak dilabeli dengan nama syariah, namun memiliki nilai-nilai dan ruh yang Islami.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Abdi Mulyawan, bahwa Pendirian hotel bernilai syariah ini sebenarnya tidak direncanakan sedari awal. Di mana pada awal pendirian, basis factory dari Kaboki sendiri berada di Bali. Namun, pada tahun 2006, Kaboki factory pindah ke Pasuruan. Dengan adanya peluang dan potensi, maka di tahun 2013 lahan factory Kaboki yang terletak di Bali kemudian direstrukturisasi menjadi hotel. Hotel ini didesain dengan bertemakan hotel keluarga. Dan memisahkan antara pengunjung laki laki dan perempuan yang belum berkeluarga. Selain itu, dikarenakan hotel ini bertemakan keluarga, maka hotel  tidak menyediakan alkohol seperti kebanyakan hotel di Bali. Dari nilai-nilai yang diterapkan inilah hotel ini menjadi pilot project hotel syariah di Bali, karena saat itu belum ada hotel yang berbasis atau dilandasi nilai-nilai syariah seperti ini.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]