Kegiatan Terkini

Laksanakan PPL Partisipatif, Mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta pelajari Proses Akad Simpan Pinjam Pembiayaan di KSPPS Dana Amanah Pusat

FEBI News| Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Raden Mas Said Surakarta kembali mengadakan salah satu kegiatan akademik bagi mahasiswa, yaitu Praktik Pengalaman Kerja (PPL) khususnya untuk mahasiswa semester 5. Setiap mahasiswa semester 5 diwajibkan untuk mengikuti kegiatan PPL dengan mengikuti secara partisipatif maupun kolaboratif. PPL partisipatif dilakukan oleh mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta yang memiliki program studi yang sama, sedangkan untuk PPL kolaboratif dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki program studi yang berbeda.

Salah satu kelompok mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL adalah Rarastika Diyah Ayu Ningtyas dan Zahrotun Arum Sariyanti. Mereka merupakan mahasiswa mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah yang mengikuti kegiatan PPL secara partisipatif di KSPPS Dana Amanah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan selama satu bulan sejak tanggal 20 Desember 2021-20 Januari 2022. Mereka memberikan informasi bahwa pelaksanaan PPL sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebelum terjadi pandemi. Hal ini menyebabkan Lembaga KSPPS Dana Amanah yang membatasi jumlah mahasiswa PPL, sehingga mahasiswa PPL ditempatkan pada kantor yang berbeda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti Rarastika Diyah Ayu Ningtyas ditempatkan di KSPPS Dana Amanah Pusat.

Rarastika Diyah Ayu Ningtyas sebagai mahasiswa bimbingan PPL dari Bapak Asep Maulana Rohimat, SHI., M.Si., menceritakan pengalamannya selama mengikuti kegiatan PPL “Saya ditempatkan di bagian pelayanan administrasi atau Teller serta belajar mengenai akad-akad peminjaman yang digunakan pada koperasi, selain itu juga mempelajari bagaimana nasabah melakukan peminjaman dengan jaminan sertifikat maupun BPKB dan aset lainnya dan memberitahukan untuk menggunakan beberapa syarat atau berkas yang dilampirkan untuk melakukan peminjaman. Setelah berkas sudah disiapkan, tinggal menunggu persetujuan dari atasan. Kemudian setelah mendapatkan persetujuan, saya dibimbing untuk membuat surat akad perjanjian antara kedua belah pihak. Mahasiswa disini dibekali banyak ilmu pengetahuan khususnya terkait kegiatan ekonomi yang pastinya berbasis syariah. Selama proses belajar mengenai akad peminjaman, saya dibimbing oleh Ibu Siti Purwaningsih dan Ibu Nur Anisa selaku Teller, beliau-beliau ini membimbing saya dengan sabar dan telaten agar nantinya ketika saya sudah selesai kegiatan PPL mendapatkan ilmu dan pengalaman yang banyak. Pada tanggal 20 Januari 2022 kegiatan PPL telah selesai dengan dan diakhiri dengan ucapan terima kasih dari mahasiswa PPL kepada manajer dan seluruh karyawan di kantor pusat dan memberikan sedikit kenang-kenangan.”. Sebelum kegiatan PPL diakhiri, Bapak Marsum selaku Manajer Kantor KSPPS Dana Amanah Pusat mengucapkan “Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih banyak untuk bantuannya selama satu bulan ini, semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama kegiatan PPL disini bermanfaat untuk kedepannya, sukses terus, semangat belajarnya perjalanan kalian masih panjang gapai cita-cita kalian dan ambil yang hal baik dan positifnya dari kami selama kegiatan PPL di sini.”.

1 Comment

  • Anonim
    11 Februari 2022

    0.5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]