Kegiatan Terkini

Siap lakukan Asistensi Perpajakan secara Profesional, 11 mahasiswa Relawan Pajak FEBI Resmi dikukuhkan Kepala DJP Jateng 2

FEBI News | Sebelas orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta pada Kamis (03/02/2022) telah resmi dikukuhkan menjadi Relawan Pajak tahun 2022 oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah 2, Slamet Sutantyo. Acara pengukuhan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara langsung pada Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah 2 dan juga melalui aplikasi zoom dengan mengundang seluruh relawan pajak terpilih dan juga Tax Center dari organisasi mitra sebanyak 18 Tax Center.

Selain mengukuhkan relawan pajak mahasiswa sebanyak 242 relawan pajak, pada kesempatan ini juga dikukuhkan relawan pajak non mahasiswa pada Tax Center masing-masing universitas dan juga relawan pajak non mahasiswa tokoh agama, tokoh masyarakat maupun pejabat publik sebanyak 14 relawan pajak.

Pada tahun 2022 ini, kebutuhan relawan pajak yang ada sebanyak 205 mahasiswa dengan jumlah peminat sebanyak 315 calon relawan pajak. Namun hanya 242 mahasiswa yang berhasil lolos ujian leveling menjadi relawan pajak. Dari 242 relawan pajak tersebut, 200 mahasiswa ditempatkan menjadi relawan pajak pada KPP Pratama maupun KP2KP pada Kanwil DJP Jawa Tengah 2, sedangkan 42 relawan pajak ditempatkan pada Tax Center masing-masing universitas. Sementara kesebelas mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta yang lolos menjadi relawan pajak sebanyak 2 relawan pajak ditempatkan pada KPP Pratama Boyolali, 2 relawan pajak pada KPP Pratama Klaten, 3 relawan pajak pada KPP Pratama Sukoharjo, dan 4 relawan pajak pada Tax Center UIN Raden Mas Said Surakarta.

Pengukuhan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Kanwil DJP Jateng 2, meskipun program relawan pajak telah ada pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, hal baru yang terjadi pada tahun 2022 ini adalah seluruh proses recruitmen Relawan Pajak dilaksanakan oleh Tax Center dari masing-masing universitas, mulai dari proses publikasi, pendaftaran, pelatihan, hingga ujian leveling calon relawan pajak. “Ini merupakan hal yang menarik karena dosen dari masing-masing Tax Center dapat melaksanakan proses recruitmen relawan pajak, tentunya setelah mendapatkan Pelatihan TOT dari Kanwil DJP Jateng 2” ujar Wiratmoko selaku Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jateng 2.

Acara pengukuhan relawan pajak ini dilaksanakan secara simbolis dengan diwakili oleh 5 mahasiswa relawan pajak yang berasal dari beberapa kampus di Surakarta yang dikukuhkan secara langsung oleh Kepala Kanwil DJP Jateng 2 Slamet Sutantyo. Pengukuhan ini dilaksanakan dengan memberikan rompi Relawan Pajak dan juga name tag sebagai tanda pengenal relawan pajak. Dengan digunakannya tanda pengenal relawan pajak tersebut, berarti telah muncul tugas dan kewajiban relawan pajak untuk senantiasa mematuhi Code of Conduct yang berlaku dan melaksanakan asistensi perpajakan secara profesional. Pada akhir sambutannya, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah 2 Slamet Sutantyo mengungkapkan harapannya dengan adanya program Relawan Pajak ini semoga dapat menjadikan sinergi positif antara Kanwi DJP Jateng 2 dengan Tax Center yang ada.

Red: Adhelia Desi Prawestri.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]