Kegiatan Terkini

Diskusi Potret Ekonomi Masyarakat Pedesaan, FEBI siap ikut berkarya melalui program PKM Dosen


FEBI News| Forum Diskusi Dosen terus mengkaji berbagai aspek ekonomi sebagai bagian dari tanggung jawab akademisi yang tidak hanya berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi khususnya Fakultas, tetapi juga terus berupaya merespon dan peka terhadap berbagai kondisi yang ada di sekitar. Salah satu sisi yang tak luput dikaji dalam forum Diskusi Dosen adalah sisi kehidupan ekonomi yang ada di masyarakat pedesaan yang ini diangkat dalam kegiatan diskusi yang dilaksanakan pada Rabu (16/3/2022) dengan mengangkat tema “Potret Ekonomi Masyarakat Pedesaan”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula FEBI juga disiarkan langsung melalui akun youtube FEBI ini menghadirkan narasumber dari akademisi Sadewa Azis Diamonda, S.TP, M.Sc (Dosen muda FEBI UIN Surakarta) dan narasumber dari pakar sekaligus praktisi yaitu Rahadi, S.Pd (Ketua Yayasan LPTP Surakarta juga Komisaris PT. BPRS CSU Surakarta) dan dipandu oleh moderator M. Azwan Anas. Kegiatan inti diskusi dosen kali ini diawali dengan pembuka materi dari narasumber pertama bapak Sadewa yang memberikan paparan awal bahwa untuk membangun perekonomian yang berkontribusi baik bagi daerah maupun secara nasional maka perlu pembangunan mulai dari level desa, namun demikian pembangunan ekonomi di pedesaan sangat berhubungan dengan beberapa aspek diantaranya tipologi wilayah, kesuburan tanah termasuk pula aspek budaya.

Paparan materi inti berikutnya disampaikan oleh narasumber kedua Rahadi yang memulai materinya dengan satu kutipan dari apa yang disampaikan bung Hatta bahwa “Indonesia tidak akan terang dengan obor-obor di kota, tetapi Indonesia akan terang dengan cahaya lilin-lilin di desa”. Beliau kemudian melanjutkan materi inti berkaitan dengan dua gagasan utama yaitu pertama bahwa dalam membangun perekonomian masyarakat desa, perlu memperhatikan berbagai faktor yang menjadi tekanan bagi masyarakat di pedesaan mulai dari tekanan ekologi, tekanan ekonomi, tekanan budaya hingga tekanan sosial politik. Selanjutnya beliau memberikan narasi tetang bagaimana melakukan pembangunan ekonomi di pedesaan yang harus dimulai dari dua mendasar yaitu pertama dengan merubah pola piker (mindset) dan kedua dengan membangun kolaborasi sebagai modal utama di era digitalisasi.

Kegiatan diskusi semakin semarak dengan berbagai pertanyaan dari peserta diskusi termasuk tanggapan pula yang disampaikan dari bapak Dekan FEBI tentang bagaimana peran FEBI UIN Surakarta dalam kegiatan pengabdian masyarakat untuk memajukan perekonomian masyarakat khsususnya di pedesaan melalui kombinasi berbagai keilmuan mulai dari manajemen, akuntansi termasuk perbankan. Acara kemudian ditutup dengan closing statemen yang disampaikan oleh kedua narasumber dan selanjutnya kegiatan Diskusi Dosen secara resmi ditutup oleh pembawa acara.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]