Kegiatan Terkini

Saresehan Digital Marketing, PKM Dosen FEBI berikan pelatihan Pemasaran Produk UMKM Desa Bengking

Penulis: Zakky Fahma Auliya

FEBI News| Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar sarasehan dengan tema pemberdayaan kelompok wanita tani melalui peningkatan kemampuan pemasaran produk olahan rumah tangga untuk meningkatkan performa pemasaran produk UMKM, acara dilaksanakan di Desa Bengking, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sarasehan ini merupakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan kelompok wanita tani Desa Bengking.

Program pengabdian masyarakat FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta di Desa Bengking dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri dari Zakky Fahma Auliya, MM (Ketua), Ika Yoga, MM dan Fitri Laela Wijayati, M.Si. Tujuan dari sarasehan ini yaitu agar dapat meningkatkan performa pemasaran produk UMKM Desa Bengking, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekaligus meningkatkan partisipasi dosen dalam Tridarma Perguruan Tinggi dalam pengabdian masyarakat.

Kegiatan sarasehan ini dihadiri Penyuluh Balai Penyuluh Pertanian Kabupaten Klaten, ibu Ninik.  Dalam sambutannya Ninik, menyambut baik pengabdian masyarakat yang dilakukan Dosen FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, Jawa Tengah dan pengabdian ini sangat sejalan dengan program Desa Bengking dalam mengembangkan performa pemasaran produk UMKM dimana pandemi menurunkan performa penjualan dari produk UMKM. Ibu Ninik, berharap pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kinerja penjualan produk UMKM masyarakat Desa Bengking dan pada akhirnya meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Hal itu juga disampaikan ketua tim pengabdian, Zakky Fahma Auliya, bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat desa serta kelompok wanita tani akan menjadi hal positif untuk mengembangkan dalam kemampuan pemasaran produk olahan rumah tangga UMKM desa bengking.

Materi literasi digital marketing dalam meningkatkan performa promosi desa mandiri budaya disampaikan Owner Kripik Tempe Saguri, Siti Heni Mutmainah,. Menurut ibu Siti Heni Mutmainah, Desa Bengking perlu melakukan beberapa cara agar kemampuan pemasaran produk olahan dapat meningkat yaitu mengoptimalkan cara pemasarannya khususnya dengan pemasaran melalui berbagai macam media online baik yang sifatnya berbayar ataupun yang gratis, seperti instagram Ads, Facebook Ads, maupun posting melalui whatsapp status maupun share digroup Whatsapp dimana dengan bantuan postingan baik berupa gambar maupun video bisa meningkatkan awareness masyarakat pada produk olahan rumah tangga.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]