Kegiatan Terkini

Bedah Disertasi Dosen FEBI: Inklusivitas dan Inovasi Sosial Lembaga Filantropi Islam di Indonesia

Penulis: Usnan

FEBI News| Salah satu fungsi dari kegiatan diskusi dosen yang dilaksanakan oleh Unit Konsorsium Dosen FEBI UIN Surakarta adalah menjadi ajang sharing hasil riset dan karya para dosen di lingkungan FEBI UIN Surakarta. Oleh karena itu, pada bulan November kali ini, Unit Konsorsium Dosen kembali melaksanakan kegiatan diskusi dosen untuk membedah salah satu karya disertasi dosen FEBI yaitu Ibu Indah Piliyanti dengan judul disertasi ” Inklusivitas dan Inovasi Sosial Lembaga Filantropi Islam di Indonesia ditinjau berdasarkan Maqashid Syariah”. Hadir sebagai pembedah disertasi pada kegaitan diskusi dosen kali ini yaitu bapak Dr. Misnen Ardiansyah, SE, MSi., Ak. CA., ACPA (Wakil Dekan 1 FEBI UIN Suka Yogyakarta) yang merupakan salah satu tim penguji disertasi Ibu Dr. Indah Piliyanti, MSI.

Kegiatan diskusi dosen diawali dengan sesi pembukaan yang dipandu oleh MC. Pada sesi pembukaan ini, disampaikan sambutan sekaligus membuka acara diskusi oleh Septin Puji Astuti, Ph.D (Wakil Dekan 3 FEBI UIN Surakarta). Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi pada pelaksanaan kegiatan diskusi kali ini, karena sangat sejalan dengan sasaran Fakultas untuk menjadikan kegiatan diskusi dosen tidak hanya untuk mendapatkan wawasan baru dari para pakar, tetapi juga sebagai ajang dan panggung bagi para dosen FEBI untuk menyampaikan hasil-hasil karya ilmiahnya termasuk melalui kegiatan hari ini (14/11/2022) yaitu diseminasi disertasi.

Kegiatan selanjutnya yaitu inti diskusi yang dipandu oleh moderator Agung Wahyudi, SE.Sy, ME. Inti diskusi kali ini dibagi dalam tiga termin, yaitu paparan singkat dari Ibu Indah Piliyanti, membedah disertasi oleh Bapak Misnen Ardiansyah, dan termin terakhir yaitu diskusi dan tanya jawab.
Paparan pertama dari Ibu Indah disampaikan tentang tiga poin utama, yaitu (1) latarbelakang riset yang beliau lakukan, (2) konsep tentang inklusivitas dan inovasi sosial, dan (3) temuan dari hasil riset yang telah dilakukan. Paparan selanjutnya yaitu dari pembedah disertasi (Bapak Misnen Ardiansyah), yang secara umum beliau memberikan apresiasi yang tinggi atas disertasi Indah Piliyanti. Sebelum memberikan beberapa catatan dan masukan yang dapat digunakan untuk pengembangan riset kedepan, beliau mengawali paparan dengan harapan besar beliau terhadap potensi dan peran yang sangat besar dari ekonomi islam khususnya sektor filantropi sebagai sarana pembangunan berbagai sektor dan kemajuan umat. Adapun secara khsusus berkaitan dengan disertasi Indah Piliyanti, ia menyampaikan bahwa secara umum disertasi ini sangat bagus, telah memberikan dasar yang kuat baik dari latar belakang, teori maupun metodologi dan temuan yang dihasilkan dari karya disertasi ini. Meski demikian, beliau memberikan sedikit catatan sebagai masukan bahwa hendaknya pada kajian untuk membedah tentang inklusivitas dan inovasi sosial, perlu juga digunakan pula beberapa teori sebagai acuan, diantaranya teori legitimasi Dowling and Preffer (1975), Stakeholder Theory dan Syariah enterprise Theory. Adapun beberapa saran beliau untuk riset mendatang diantaranya (1) maqashid syariah perlu dibedah secara komprehensif untuk memotret implementasi dalam mewujudkan implementasi inovasi sosial, (2) perlu mengkaji akuntabilitas dan transparansi unit-unit yang ada pada social enterprise, (3) perlu kajian tentang bagaimana peran negara dalam mengawasi kedua model tersebut (model bisnis dan sosial enterprise) yang ada dalam naungan LAZ, dan (4) perlu mengkaji tentang regulasi berkaitan dengan penyajian laporan keuangan LAZ apakah telah memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Setelah selesai sesi inti diskusi yaitu paparan materi dari para narasumber dan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi (tanya jawab), kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi penutupan, dan diakhiri dengan sesi foto bersama narasumber dan seluruh peserta. (Usnan)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]