Kegiatan Terkini

Ikuti Program Internasional Pemuda menyapa Dunia, Staf Perpustakaan FEBI lakukan kunjungan studi ke Kuala Lumpur dan Universiti Sains Malaysia


FEBI News| Kuala Lumpur (1/11/2022), Farah Nilawati, S.Sos.I., M.Pd., selaku staf perpustakaan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta berkesempatan melakukan kunjungan ke perpustakaan kuala lumpur dan perpustakaan Hamzah Sendut Universiti Sains Malaysia (USM) Penang, Malaysia. Agenda ini bersamaan dengan serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Inisiatif Pemuda PENA dalam program Pemuda Menyapa Dunia (PMD) #2 Malaysia-Thailand sejak 30 Oktober-3 November 2022. Sebelum kunjungan ke kampus USM, kegiatan PMD2 ini diawali dengan mengunjungi tempat-tempat yang ada di sekitaran kota Kuala Lumpur. Beberapa bangunan ikonik Malaysia seperti Kompleks Pemerintahan Putrajaya, Menara Kembar Petronas, Pasar Seni, dan Dataran Merdeka.

Setelah itu melakukan pengabdian masyarakat di Sanggar Belajar Permai Penang, Malaysia. Dimana terdapat anak-anak dari para pekerja migran Indonesia yang bermukim di sana. Semangat belajar di tengah keterbatasan, menjadi motivasi dari para peserta untuk berbagi dengan anak-anak yang belajar pada sanggar tersebut. Setelah itu para peserta mengunjungi Konsulat Jenderal RI Penang untuk mendapatkan informasi mengenai dinamika para WNI yang ada di Pulau Penang. Para rombongan selain mendapatkan jamuan makan siang juga banyak mendapatkan wawasan dan penjelasan dari pihak Konjen RI Penang.

Selain pengalaman dan pembelajaran tersebut, Farah mendapatkan masukan dan juga ide terkait bidangnya selaku staf perpustakaan. Setelah diterima oleh pihak kampus USM untuk mendapatkan informasi umum tentang sejarah kampus, fasilitas dan prestasinya, selanjutnya dilakukan kunjungan ke perpustakaan USM. Disini, didapati sistem mengenai perpustakaan yang menarik bagi pengembangan perpustakaan UIN RMS Surakarta maupun perpustakaan pada tingkat fakultas atau prodi, sebagai upaya perencanaan ke depannya. Selain pelayanan perpustakaan pada umumnya, baik perihal peminjaman buku ataupun tempat penyimpanan tas/loker, ada hal menarik lainnya. Yaitu, adanya bangunan atau ruangan khusus sebagai wahana literasi, pusat penelitian dan juga area belajar yang nyaman dengan sentuhan modern dan futuristik. Kondisi ini membuat suasana membaca dan belajar para mahasiswa serta insan akademik di kampus merasa betah dan semangat untuk berlama-lama di wilayah perpustakaan. Pengalaman ini sangat bermanfaat bagi pelayanan perpustakaan utamanya di lingkungan kampus UIN RMS Surakarta mengingat literasi membaca menjadi tolok ukur kualitas pembelajaran dan kesuksesan para mahasiswa.

Setelah berkeliling mengunjungi perpustakaan USM juga terdapat sharing session dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) USM, yaitu kumpulan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di USM. Disini mendapatkan informasi bagaimana kehidupan mahasiswa baik itu S1 ataupun pascasarjana, metode pembelajaran dan peluang-peluang yang ada sebagai perantau di negara orang. Selanjutnya para rombongan bertolak ke Hatyai, Thailand untuk melakukan cultural visit dalam rangka mempelajari budaya dan suasana alam yang ada disana. Seperti patung sleeping Budha, pantai Samila dan juga Masjid Raya dan Islamic Center Songkhla. Bersama para peserta lain dari berbagai asal daerah dan institusi, kegiatan ini sangat berkesan, bermanfaat dan tentunya untuk dapat dibagikan dengan saudara dan teman.

Penulis: Farah
Foto: Farah

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]