Kegiatan Terkini

Perkuat Aspek Ekonomi Sebagai Upaya Mewujudkan Kartasura sebagai Destinasi Wisata, Tim PKM FEBI gelar Literasi Koperasi Bagi Pelaku Usaha dan UMKM

FEBI NEWS – Kelompok pelaksana Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) FEBI Kluster Keraton Kartasura menggelar kegiatan Sarasehan bertempat di Bangsal Petilasan Keraton Kartasura pada Rabu (31/5/2023) dengan mengusung tema ”Literasi Koperasi: Aspek Keuangan dan Kelembagaan kolaborasi bersama Hebitren Se-Solo Raya”. Kegiatan ini diinisiasi oleh kelompok pelaksana PKM terdiri dari Usnan, M.EI., Mohamad Irsyad, Lc., M.E., Ahmad Syahirul Fauzi, M.Sc dan Sri Haryati, MM. yang bekerja sama dengan HEBITREN Se-Solo Raya.

Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan dengan tema ini adalah sebagai salah satu upaya mendorong potensi ekonomi melalui edukasi tentang koperasi secara legalitas kelembagaan maupun aspek keuangan dalam rangka mewujudkan Surakarta khususnya wilayah sekitar Petilasan Keraton Kartasura sebagai destinasi wisata berbasis budaya dan religi.

Pada sesi pembukaan, pelaksana kegiatan yang diwakili oleh Usnan, MEI menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan rangkaian konsep yang digagas oleh Tim PKM Kluster Keraton Kartasura mulai dari penguatan literasi keuangan, optimalisasi fungsi dan peran media berbasis digital, dan pada kesempatan kali ini diberikan penguatan kelembagaan usaha melalui edukasi tentang koperasi, dengan harapan menjadi upaya yang cukup komprehensif dalam mendukung terwujudnya Petilasan Keraton kartasura sebagai Destinasi wisata.

Orientasi tersebut kemudian dipertegas pula melalui sambutan Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, SE, MSi bahwa konsep kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim PKM FEBI Kluster Petilasan Keraton Kartasura yang secara khusus mengambil lokasi pelaksanaan di Bangsal Petilasan Keraton Kartasura dan sekitarnya adalah upaya untuk terus mengenalkan kepada masyarakat dan publik tentang eksistensi Keraton Kartasura sebagai peninggalan sejarah yang sangat berharga.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan pula dalam sambutan ketua Hebitren Solo Raya Bapak KH. Miftahul Huda, bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana mendapatkan edukasi dan literasi tentang koperasi baik bagi para pelaku usaha juga komunitas pesantren yang memiliki unit bisnis, tetapi dengan kegiatan yang dilaksanakan di Petilasan Keraton Kartasura ini juga menjadikan peserta yang hadir mengetahui kondisi dan potensi yang ada di Petilasan Keraton Kartasura.

Melalui kegiatan inti sarasehan tentang literasi koperasi, peserta mendapatkan edukasi dan pengenalan seputar konsep dasar tentang koperasi terutama dilihat dari aspek kelembagaan dan keuangan, diantaranya tentang apa itu koperasi, landasan koperasi, asas-asas dalam koperasi, jenis-jenis koperasi, keanggotaan koperasi, hingga konsultasi dan diskusi tentang bagaimana membuat nama, strategi branding hingga tata kelola baik SDM, bidang usaha maupun aspek keuangan.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]