Kegiatan Terkini

Kolaborasi FEBI bersama OJK dan FKIJK Solo Raya tingkatkan Kesadaran Literasi Keuangan kepada 849 Mahasiswa Baru

FEBI News| Sukoharjo, (28 Agustus 2023)– Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Raden Mas Said Surakarta bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Solo Raya. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong literasi dan kesadaran keuangan yang komprehensif melalui “Pekan Literasi Keuangan Se-Solo Raya,” sebuah rangkaian acara seminar dan pameran industri keuangan. Upaya ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa tentang berbagai sektor di dalam Industri Jasa Keuangan, termasuk perbankan, asuransi, pembiayaan, pegadaian, bursa efek, dan lainnya.

Pekan Literasi Keuangan Se-Solo Raya secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Eko Yunianto di Gedung Graha UIN Raden Mas Said. Dalam sambutannya, Eko Yunianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, khususnya dikalangan mahasiswa.

“Literasi keuangan merupakan hal yang penting bagi mahasiswa, terutama mahasiswa ekonomi . Dengan memiliki literasi keuangan yang baik, masyarakat dapat memahami berbagai produk dan layanan jasa keuangan, sehingga dapat memanfaatkannya secara bijak,” kata Eko Yunianto.

Pembukaan tersebut juga  dihadiri oleh Ketua FKIJK Solo Raya, Djaka Nur Said; Wakil Rektor UIN Raden Mas Said, Prof. Dr. Imam Makruf.S.Ag., M.Pd; Dekan FEBI UIN Raden Mas Said, Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si. serta para tamu undangan yang terdiri dari perwakilan tiap anggota FKIJK Solo Raya. Pada kesempatan ini, FKIJK menyerahkan bantuan secara simbolis berupa media peraga literasi keuangan senilai Rp10 juta kepada FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Prof. Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd., berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa.

“Kami berharap para mitra yang hadir tidak hanya memberikan literasi kepada para mahasiswa, tapi juga bisa bersinergi untuk menjadikan para lulusan FEBI yang berkompetensi memiliki sertifikasi, sehingga mampu bersaing dengan lulusan lainnya,” 

Kegiatan dilanjutkan dengan Launching Insurance Corner di Gedung F lantai 2 FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. Insurance corner ini menjadi lokasi bagi civitas akademika untuk belajar dan memahami tentang dunia asuransi. Upacara pemotongan pita dilakukan oleh tokoh-tokoh penting termasuk Kepala OJK, Kepala FKIJK, perwakilan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAIK) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Solo, serta Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta.

Pada kesempatan yang sama, Kuliah Literasi digelar di gedung Graha UIN Raden Mas Said . Kuliah ini menandai kelas perdana bagi mahasiswa baru FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. Praktisi industri terkemuka, termasuk perwakilan dari OJK, AAAIK, AAUI Solo, Pegadaian Syariah Solo Baru, Bank CIMB, dan Bursa Efek Indonesia, terlibat dalam diskusi gaya talk show yang dipandu oleh moderator Wira Adibrata. Format yang dinamis ini memungkinkan mahasiswa berinteraksi langsung dengan para ahli industri dan mendapatkan wawasan tentang lanskap jasa keuangan.

Acara “Pekan Literasi Keuangan Se-Solo Raya” menjadi simbol kolaborasi dan pendidikan, membina generasi individu yang paham secara finansial dan siap untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]