Kegiatan

FEBI UIN Raden Mas Said Siapkan Dosen Pembimbing PPL: Dukung Visi Glokalisasi, Mengangkat Potensi Lokal Menuju Global

FEBI News| Sukoharjo, Rabu (27/12/2023) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said terus mengukuhkan komitmennya dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Hari ini, seluruh Dosen Pembimbing Akademik dan Pembimbing Lapangan PPL berkumpul dan mendapatkan arahan langsung dari Dekan FEBI, Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si., didampingi oleh para wakil Dekan, Kajur, Sekjur dan Korprodi.

Dalam arahannya, Dr. M. Rahmawan Arifin menyoroti kebijakan rektor UIN Raden Mas Said yang mengusung konsep “Glokalisasi: mengangkat potensi lokal menuju global dan internasional.” Ia menekankan pentingnya mendukung visi ini dalam setiap aspek kehidupan kampus, terutama dalam menyelenggarakan PPL.

“Saat ini, kita sedang merancang PPL dengan mengintegrasikan pengalaman langsung dan nyata di dunia kerja. Hal ini bukan hanya tentang penguatan sikap dan pelaksanaan skill, tetapi juga relevansi keilmuan dengan tuntutan pasar kerja global,” ungkap Dr. M. Rahmawan Arifin.

Dosen Pembimbing Lapangan PPL di FEBI tidak hanya diharapkan membimbing mahasiswa dalam aspek teknis pekerjaan, tetapi juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang etika profesional, adaptabilitas, dan kemampuan berkomunikasi yang efektif di tempat PPL.

Selain itu, setiap Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa PPL di FEBI diharapkan menjadi duta kampus, mencerminkan kualitas pendidikan yang diterapkan di FEBI. Dr. M. Rahmawan Arifin menekankan bahwa mahasiswa dan DPL FEBI memiliki peluang untuk menjalin kemitraan lebih lanjut dengan industri melalui Memorandum of Agreement (MoA) atau Perjanjian Kerjasama (PKS).

“PPL bukan hanya menjadi ajang praktik kerja, namun juga peluang untuk membina hubungan baik dengan dunia industri. Setiap mahasiswa dan DPL bisa menjadi perwakilan FEBI dan membawa nama baik kampus melalui kerjasama yang terjalin,” tambahnya.

Acara persiapan ini diharapkan dapat membekali DPL dan mahasiswa dengan pemahaman yang mendalam mengenai tujuan, manfaat, dan tanggung jawab mereka dalam menjalani PPL. Semua ini merupakan langkah nyata FEBI UIN Raden Mas Said dalam menyelaraskan pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, sejalan dengan semangat “Glokalisasi” yang diusung oleh Rektor.

Foto: Amir

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]