Kegiatan Terkini

Asep Maulana Rohimat paparkan hasil Riset Santripreneur HEBITREN di Annual International Conference on Islamic Studies-AICIS 2024

FEBI News| Semarang, (3 Februari 2024)- Pada Paralel Session AICIS 2024 yang diadakan dalam rangka Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) di UIN Wali Songo Semarang, hasil penelitian lapangan yang disampaikan oleh Speaker Asep Maulana Rohimat, M.S.I, menyoroti pentingnya penguatan jiwa kewirausahaan santri melalui Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN). Asep adalah Dosen sekaligus Kordinator Prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Dalam paparannya, Asep Maulana Rohimat, M.S.I, menekankan bahwa selain ilmu agama dan akademik, jiwa kewirausahaan juga merupakan hal yang krusial bagi setiap santri. Menurutnya, pembekalan ilmu kewirausahaan sejak dini dapat menjadi modal berharga bagi santri setelah mereka lulus dari pondok pesantren. Inspirasi dari ajaran Rasulullah, para sahabat, pengusaha kontemporer, dan keberhasilan bisnis internasional menjadi bagian penting dalam membentuk mental kewirausahaan santri.

HEBITREN, sebagai organisasi yang menaungi himpunan ekonomi bisnis pesantren, dianggap memiliki peran strategis dalam menumbuhkan niat kewirausahaan di kalangan santri. Konsep self efficacy, atau kepercayaan diri yang dimiliki oleh santri, menjadi faktor penentu yang dapat memengaruhi niat mereka untuk terlibat dalam dunia wirausaha.

Rekomendasi yang dihasilkan dari Paralel Session AICIS 2024 ini menegaskan bahwa penguatan jiwa kewirausahaan santri melalui HEBITREN harus menjadi bagian integral dalam upaya pengembangan potensi santri. Dengan demikian, diharapkan para santri tidak hanya menjadi pengusaha yang sukses, tetapi juga menjadi agen perubahan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa, sesuai dengan tuntutan zaman yang terus berubah.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]