FEBI News| Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sangat terasa berdampak pada sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang merumahkan karyawan, mengurangi produksi dan penjualan bahkan sampai berhentinya operasi bisnis. Lapisan masyarakat baik pekerja ataupun pemilik UMKM juga mengalami hal yang sama yakni pendapatan yang menurun. Setelah memasuki bulan ke-4 masa pandemi, pemerintah mulai mengambil kebijakan new normal dengan harapan tatanan ekonomi dan bisnis mulai menggeliat meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat.
Dampak pandemi covid-19 ini juga terasa pada generasi muda, generasi yang baru saja lulus sekolah ataupun lulus strata satu. Banyaknya perusahaan besar yang merumahkan bahkan mengurangi karyawan secara otomatis akan mengurangi jumlah lapangan kerja yang tersedia.
Melalui program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi pada hari Ahad 5 Juli 2020, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta Ade Setiawan, SE., M.Si mendesain solusi alternatif bagaimana mensikapi era new normal bagi generasi muda. Satu solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan memberikan pemahaman bagaimana berwirausaha.
Kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini dengan sasaran generasi muda yang tergabung dalam wadah karang taruna desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sukoharjo. Tempat acara di rumah bapak RT Tegalan, Donohudan, Ngemplak, Boyolali. Sebagai narasumber adalah Ibu Dyah Rosna, SE, M.AK dengan moderator Bapak Hayanto SE.
Dalam pemaparannya narasumber menjelaskan kewirausahaan di era new normal harus pandai-pandai melihat peluang pasar yang dapat akan ditawarkan, salah satu contohnya adalah bidang alat dan perlengkapan kesehatan, selain bidang-bidang yang potensi pasarnya bagus yang tak kalah penting dalam berwirausaha adalah mencari pasar dan promosi tentunya. Adanya wabah pandemi covid-19 membuat media digital yang didalamnya ada media sosial dapat berperan penting sebagai sarana promosi yang efektif. Pada akhir pemaparannnya narasumber tidak lupa menyampaikan motivasi bahwa generasi muda adalah generasi yang produkti siap menangkap peluang meskipun di era new normal dan dapat menciptaka peluang-peluang usaha yang disesuaikan dengan kondisi dan skill masing-masing. (AS)
Add a Comment
You must be logged in to post a comment