Kegiatan Terkini

MBKM FEBI UIN Surakarta Latih Mahasiswa Dalam Pengembangan Inovasi Bisnis Dengan Workshop PMCA

FEBI NEWS | Pada hari ketiga Program MBKM kolaboratif FEBI UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar workshop mengenai Participatory Market Chain Approach PMCA). Acara ini dilaksakan di Aula FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta pada hari Kamis (8/12/2022) dengan mengundang Ibu Septi Kurnia Prastiwi, M.Si sebagai narasumber. Beliau merupakan Kepala Laboratorium FEBI sekaligus praktisi entrepeneur.

Dalam workshopnya, beliau memaparkan bahwa dengan PMCA, pelaku usaha dalam rantai yang sama dapat berkumpul dan berdiskusi bersama untuk memunculkan inovasi baru. PMCA mempunyai tiga karakteristik, pertama, didorong oleh permintaan pasar, yaitu fokus pada bagaimana mengubungkan pasokan dengan pasar. Kedua, Inklusif, melibatkan seluruh pelaku di rantai pasok kentang kecil maupun besar. Ketiga, Stretegis, yaitu membantu para pelaku bisnis di rantai pasok kentang dalam menentukan arah bisnisnya. Selain itu PMCA juga berperan dalam Menciptakan nilai dan meningkatkan nilai tambah pada suatu produk.

Dilanjutkan setelahnya dengan simulasi PMCA dengan terjun langsung di unit-unit usaha yang ada di lingkungan kampus. Dengan workshop dan simulasi langsung ini, diharapkan terjadi pengembangan pengetahuan mahasiswa dalam menganalisa suatu Bisnis. Serta Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi usaha dan menganalisis peluang untuk pengembangan usaha di suatu komunitas atau masyarakat.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]