Kegiatan Terkini

Seminar Internasional Keislaman “Islam and Religion of Space” di UIN Raden Mas Said Surakarta

Sukoharjo, 26 Maret 2024 – Program Asistensi Keagamaan dan Kepribadian Islami (PAKKIS) FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar Seminar Internasional Keislaman dengan tema yang luar biasa yaitu “Islam and Religion of peace”, bertempat di Gedung Graha UIN Raden Mas Said pada Selasa, 26 Maret 2024. Acara ini bertujuan memberikan pemahaman kepada umat Islam bahwa dalam agama Islam sendiri menganjurkan untuk hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati antar umat beragama.

Dibuka oleh Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. M. Rahmawan Arifin, S.E., M.Si., acara ini dihadiri oleh mahasiswa dengan antusias. Moderator Tan Muhammad N. A., S. E., memandu jalannya seminar. Sedangkan 2 pemateri utama, yaitu Bapak Syekh Mohammed Rateb, seorang Da’i asal Gaza Palestina, memberikan paparan mengenai peristiwa yang dialami oleh saudara kita yang berada di Palestina. Dan Dr. Fadhlullah bin Hamzah bin Muhammad, seorang Da’i asal Sudan, memberikan paparan mengenai agama Islam sebagai agama yang cinta damai dan tidak memaksa.

Para peserta diberikan wawasan mengenai toleransi yang ditekankan oleh agama Islam mencakup berbagai aspek, termasuk toleransi terhadap keyakinan agama lain, perlakuan yang adil terhadap semua individu tanpa memandang agama, dan sikap saling menghormati antar umat beragama. Islam mendorong umatnya untuk hidup berdampingan secara damai dengan orang-orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Prinsip-prinsip seperti kasih sayang, keadilan, dan sikap baik terhadap sesama juga menjadi bagian penting dari ajaran Islam tentang toleransi, dengan memperhatikan kejadian pilu yang terjadi kepada saudara kita yang berada di Gaza Palestina. Seminar ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam menciptakan perdamaian antar umat islam dan manusia, dengan semangat untuk menyongsong masa depan yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan penuh keadilan.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]